CIBITUNG – Aktivitas produksi yang dilakukan di pabrik PT astra Honda Motor (AHM) ternyata berlangsung tiap detik. Di tempat ini setidaknya dalam 20 detik bisa dihasilkan satu unit sepeda motor.

Hari ini kami bersama-sama dua klub motor menjadi saksi proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM di Cibitung.

Semua proses dilakukan secara sistematis sesuai urutannya, mulai dari pembuatan bagian-bagian komponen mesin, lalu dirakit menjadi satu set mesin, kemudian plat-plat baja dan besi dirangkai hingga menjadi rangka, sampai pada tahapan pembuatan ban, cover body, hingga piranti-piranti lain seperti lampu-lampu dan sebagainya.

Dan dalam seluruh tahapan itu hanya dibutuhkan waktu 20 detik untuk jadi satu sepeda motor yang lengkap dan siap jalan. Bayangkan berapa yang bisa diproduksi AHM tiap hari, tiap minggu, tiap bulan maupun tiap tahun.

“Dipabrik Cibitung ini memiliki kapasitas produksi 4.000 unit sehari,” ujar Corporate Communication AHM Ali Hendi Arifin di sela kunjungan pabrik Asosiasi Honda Jakarta (AHJ), Selasa (2/6/2009).

Itu untuk produksi di pabrik seluas 20 hektar di Cibitung saja, padahal AHM punya dua pabrik lainnya di Sunter dan Pegangsaan Dua. “Untuk yang Cibitung ini khusus untuk bebek dan skutik, seperti Absolute Revo, Vario dan BeAT kalau yang Pegangsaan untuk motor sportnya, seperti Mega Pro dan Tiger,” tambah dia.

Dengan 3 pabrik berkapasitas produksi raksasa itu, makanya tak heran AHM sempat mampu mencetak rekor MURI sebagai pabrikan motor yang mampu memproduksi terbanyak dalam satu tahun.

sumber : okezone