Anda tahu paus benediktus XVI, ya… pasti anda sudah kenal dan tidak asing lagi mendengar nama tersebut. Yang pada lawatannya ke ke Afrika bahwa Paus mengecam pemakaian kondom di benua yang marak dengan penyakit AIDS itu. Menurut Paus, ada cara yang lebih baik daripada penggunaan kondom untuk memerangi penyakit mematikan itu.

“AIDS merupakan tragedi yang tidak bisa diatasi dengan uang saja, yang tak bisa diatasi dengan distribusi kondom, yang justru memperburuk masalah,” cetus pemimpin tertinggi gereja Katolik Roma itu seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (18/3/2008).

Malah si paus menyarankan “Solusinya terletak pada spriritual dan kesadaran manusia serta persahabatan bagi mereka yang menderita,” ujar Paus berusia 81 tahun itu.

Hal itu disampaikan Paus kepada para wartawan dalam penerbangan dari Roma, Italia menuju Kamerun. Lawatan Paus ke Kamerun merupakan kunjungan pertamanya ke benua Afrika sebagai paus.

Komentar paus tersebut terbilang mengejutkan atau mengherankan dan sepertinya ada misi-misi yang terselubung sebab menurut para pengamat Vatikan, selama ini mereka belum pernah mendengar paus menyebutkan kata ‘kondom”. Atau bahkan paus secara tidak langsung ingin orang-orang yang ada di vatikan agar menyarankan tidak memakai kondom.

Dalam kunjungan ke Afrika selama seminggu itu, Paus juga akan singgah di Angola.